Saturday, September 21, 2013

JENIS-JENIS MUSIK MODERN NUSANTARA


JENIS-JENIS MUSIK MODERN NUSANTARA

Secara umum, music modern Nusantara dapat kita kelompokkan berdasarkan aliran, sumber bunyi,danproses penciptaannya.
Berdasarkan Alirannya
a. Musik jazz.
Musik Jazz merupakan jenis music yang dikembangkan pertama kali oleh orang-orang Afrika-Amerika. Musik ini berkembang pada sekitar sepuluh tahun pertama abad ke- 20 di New Orleans, Amerika Serikat.
Ciri utama dari music jazz adalah improvisasi. Improvisasi tersebut disertai dengan chord progresi yang berulang dari sebuah lagu popular atau komposisi asli.

b. Musik Rhythm and Blues (R&B)
Musik rhythm-and-blues yang lebih dikenal dengan music R&B memiliki genre-genre, seperti jumpblues, club blues, black rock and roll, doo woop, soul, Motown, funk, disco, dan rap.
Musik R&B dibuat dan didukung oleh sebaian besar masyarakat Afrika-Amerika pada awal 1940-an. R&B pertama kali diciptakan Jerry Wexler, yang terkenal dengan Atlantic Record-nya. Menurut Jerry Wexler, istilah rhythm and blues digunakan sebagai sinonim untuk music black rock and roll.

c. Musik Pop.
Ciri khas music pop ialah penggunaan ritme yang terasa bebas dengan mengutamakan permainan drum dan gitar bass. Komposisi musiknya juga mudah dicerna (easy listening). Terkadang para musisinya memberikan polesan tambahan untuk member I daya tarik bagi pendengar.
d. Music Rock
Salah satu jenis aliran music yang dipengaruhi oleh berbagai aliran music lain yang saling berkaitan. Musik ini mendominasi musik popular di barat sejak sekitar tahun 1995. Musik ini berawal dari Amerika Serikat, tetapi dipengaruhi oleh beragam kebudayaan dan tradisi music.
Instrumen music yang dominan paada music rock iallah gitar dan amplifiernya n instrument yang menghasilkan audio yang distorsi (teori kebisingan).
Dalam perkembangannya, music rock memiliki beberapa aliran. Antara lain heavy metal, punk, alternative, dan grunge.

e. Musik Country
Disebut juga music Country-and-Western merupakan sebuah genre besar pada music popular Amerika, yang di produksi oleh masyarakat Amerika Serikat. Music ini mulai tenar pada sekitar1920-an. Naaach, yang uniknya music ini bersal dari music tradisional (music rakyat) , daerah sselatan Appalachia. Music country terdiri atas beberapa gaya seperti western swing, honky-tonk, bluegrass, rockabilly, dan new country.

f. Musik Dangdut
Musik Dangdut pada dasarnya adalah hasil perpaduan antara music India dan music Melayu. Ciri khas music ini terletak pada pukulan alat music tabla, sejenis alat music perkusi yang menghasilkan bunyi “ndut”. Juga mengusung konsep easy listening.

Contoh Alat Musik Modern








Contoh Lagu Modern 








2 comments: